Tips Menjaga Kesehatan Telinga Agar Tetap Sehat

Tips Menjaga Kesehatan Telinga Agar Tetap Sehat
Jika kita selalu menjaga telinga, maka dengan begitu kita telah melakukan langkah awal pencegahan yang baik. Agar penyakit telinga tidak terjadi, berikut ini akan kami ulas tentang 5 tips menjaga kesehatan telinga kita dengan cara mudah. Telinga merupakan salah satu organ pada tubuh kita yang dapat mengenal suara. Selain itu, telinga juga dapat berfungsi sebagai penyeimbang posisi tubuh kita agar menjadi sempurna. Setiap manusia, pada umumnya memiliki sepasang telinga ayang terletak simetris pada bagian sisi kepala. Letaknya yang simetris itulah yang menjadikan telinga sebagai penyeimbang posisi tubuh dan sebagai pendekteksi suara. Maka dari itulah, menjaga kesehatan telinga sangat penting sekali.
Pada manusia, sepasang telinga kita memiliki bagian-bagian yang memiliki fungsi berbeda. Bagian telinga manusia terdiri dari telinga luar, telinga luar dan telinga dalam. Telinga bagian luar berfungsi untuk membantu mengantarkan suara ke dalam liang telinga lalu akhirnya sampai ke gendang telinga. Dengan begitu banyaknya fungsi telinga manusia sebagai alat pendengaran, maka ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatannya. Berikut ini adalah 5 tips menjaga kesehatan telinga kita secara sederhana.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga Dengan Kebiasaan-Kebiasaan Baik

Berikut ini merupakan tips menjaga kesehatan telinga yang dapat Anda lakukan hanya dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana. Jika Anda telah terbiasa dengan beberapa kebiasaan di bawah ini, maka dapat dipastikan telinga Anda akan selalu sehat.

Bersihkan Rongga Telinga

Membersihkan rongga telinga dengan teratur dengan menggunakan cutton bud atau alat pembersih kotoran telinga di Apotik.

Hindari Sering Mendengarkan Lagu

Jangan terlalu sering mendengarkan lagu yang kita sukai dengan dengan menggunakan earphone. Akan lebih baik jika mendengarkan lagu tanpa menggunakan earphone.

Gunakan Baby Oil

Ada baiknya ketika kita sedang membersihkan telinga, gunakan lah baby oil. Sebab baby oil akan menjadi salah satu pelumas yang bisa meminimalkan gesekan pada gendang telinga Anda.

Bersihkan Telinga Secara Teratur

Salah satu tips menjaga kesehatan telinga Anda dengan cara membersihkan secara teratur. Selalu menjaga kebersihan sekitar kita agar kesehatan telinga selalu terjaga.

Perbanyak Makanan Bernutrisi

Sumber makanan yang mengandung kalium. Seperti kentang, jeruk, tomat, kismis, aprikot, pisang, bayam, melon, yogurt dan susu rendah lemak. Sumber makanan yang mengandung folat. Seperti sereal, bayam, asparagus, hati, kacang hijau, alpukat,brokoli, selada, kacang, telurutuh, strawnerry, pepaya, jus tomat, pisang dan melon. Sumber makanan yang mengandung magnesium. Seperti pisng, kentang, bayam dan brokoli. Sumber makanan yang mengandung mangan.
Mangan merupakan salah satu tips menjaga kesehatan telinga yang dapat kita konsumsi. Seperti kunig telur, aple, alpukat, aprikot, nanas, kismis, seledri, kacang-kacangan, dan kacang pinus. Sumber energi dan makanan yang mengandung vitamin D. Sumber energi yang banyak mengandung vitamin D adalah sinar matahari. Sedangkan sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah salmon, ikan tuna, makarel, kuning telur, hati, minyak ikan kod dan minyak ikan.

Post a Comment

0 Comments